Destinasi Wisata Kota Balikpapan Terbaik

Destinasi Wisata Kota Balikpapan menjadi sebuah kota yang berada di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan mempunyai warga sekitar 701.066 jiwa, yang disebut 22 % dari keseluruhnya warga asli Kalimantan Timur. Balikpapan sebagai kota dengan ongkos hidup paling mahal se-Indonesia.

Hal itu tidak terlepas dari julukannya sebagai Kota Minyak. Maskot Kota Balikpapan sendiri ialah beruang madu, meskipun saat ini hewan ini sedang ada di tingkat kemusnahan. Nama asli Balikpapan ialah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar). Anda kemungkinan lebih mengenali kota ini cukup dengan minyaknya. Meskipun begitu, kepariwisataan di Balikpapan sanggup memberi suatu hal yang melipur.

Rekomendasi Destinasi Wisata Kota Balikpapan Terbaik

Kota Balikpapan berada di pesisir tenggara Kalimantan Timur, kota ini menghadap ke Selat Makassar. Tempat rekreasi di Balikpapan mempunyai support infrastruktur yang bagus. Dari sisi penerbangan dari beragam maskapal, Balikpapan mempunyai beberapa hotel berkelas yang memberi service kelas top, disamping itu masih ada beragam hotel dengan biaya dapat dijangkau yang lain disekitaran kota.

Ada dua pantai sebagai tempat rekreasi yang paling ramai didatangi di Balikpapan, yakni Pantai Kemala dan Pantai Manggar. Bila Anda menyenangi rekreasi alam, karena itu tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi ialah Rimba Lindung Sungai Wain, sebuah rimba tropis yang paling natural serta ialah rumah untuk beberapa flora dan fauna sangat jarang di dunia.

Rimba Bakau Margomulyo

Rimba Bakau Margomulyo ini ialah rimba kota di Balikpapan, lokasinya berada dekat sama pusat perkotaan. Dalam teritori rimba, ada jembatan kayu sejauh 800 mtr. yang berperan sebagai fasilitas pendukung untuk Anda yang ingin nikmati pengalaman rekreasi di rimba itu.

Tempat rekreasi di Balikpapan yang ini mempunyai menara incar, yang bermanfaat untuk melihat bermacam burung yang tinggal dan hidup di rimba bakau itu. Bila Anda ingin melihat hewan bekantan, karena itu hadirlah ketika pagi hari datang ataupun waktu matahari kembali lagi ke peraduannya.

Tidak boleh cemas, Anda tidak dikenai ongkos agar bisa masuk ke arah tempat rekreasi Balikpapan ini. Namun, Anda harus jaga kebersihan lingkungan dengan tidak buang sampah asal-asalan dan tidak ambil property atau asset rekreasi apa saja yang berada di lokasi ini.

Pantai Kemala (Pantai Polda)

Pantai Kemala adalah tempat rekreasi di Balikpapan yang paling ramai didatangi oleh beberapa pencinta perjalanan, ditambah ketika akhir minggu dan hari liburan. Berada di wilayah pusat perkotaan Balikpapan, persisnya di seputaran Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Selatan. Pantai Kemala ini populer dengan panggilan Pantai Polda.

Monpera

Berikut tugu sebagai lambang keberanian rakyat Balikpapan dalam usaha menjaga kemerdekaan Indonesia. Monpera ini ada di pusat perkotaan Balikpapan, persisnya berada di Jl. Jenderal Sudirman dan ada di muka basis Makodam VI Tanjung Pura. Monumen ini mempunyai background pantai berpasir putih dan dikitari taman yang teratur bagus.

Di lantai bawah monumen ini, ada sebuah museum kecil dan pada bagian belakangnya ada pentas terbuka. Pada beberapa acara atau moment khusus, kerap diselenggarakan pertunjukan-pertunjukan tradisionil di tempat rekreasi Balikpapan yang ini. Agar bisa masuk ke monumen, Anda harus bayar karcis masuk kendaraan sejumlah Rp 1000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp 2.000 untuk kendaraan beroda 4.

Caribbean Island Waterpark

Berikut taman rekreasi air paling besar di Indonesia Sisi Timur, Caribbean Island Waterpark. Caribbean Island Waterpark tawarkan beragam sarana air yang benar-benar menarik. Berada di Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) Balikpapan, Caribbean Island Waterpark ini jadi tujuan favorite rekreasi keluarga di Balikpapan.

Tidak ada yang lebih membahagiakan untuk putra dan putri Anda selainnya bermain dengan macam sarana air yang membahagiakan. Anda bisa nikmati panorama dari salah satunya pondok kayu sekalian jaga anak-anak bermain, atau bila sukai Anda bahkan juga bisa turut melonjak ke kolam renang. Selainnya sarana air, aktivitas rekreasi yang lain yang bisa dilaksanakan di tempat rekreasi Balikpapan yang ini ialah melihat atraksi air di pentas terbuka dan flying fox.

Agar bisa masuk, Anda harus beli ticket masuk Caribbean Island Waterpark sejumlah Rp 45.000 per-orang untuk umum atau Rp 25.000 per-orang untuk siswa. Diakhir minggu, harga ticket masuk berlaku sama untuk semuanya jenjang usia yakni Rp 60.000 per-orang.

Baca Juga : Objek Wisata Bahari Negara Angola

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru ialah tempat wisata pantai di Balikpapan yang tawarkan situasi tenang untuk Anda yang inginkan tempat santai yang tidak ramai. Pohon-pohonan cemara di area pantai ini memberi Anda ketenangan yang demikian nyaman dengan sajian pemandangan laut yang cantik. Secara umum, teritori rekreasi Pantai Lamaru ini ramai di saat akhir minggu dan hari liburan datang.

Di pantai ini, ada warung – warung, toilet, dan sarana parkir yang bagus. Bila Anda ingin bermain sepeda perahu, Anda bisa cobanya di tempat rekreasi Balikpapan yang ini. Agar bisa masuk, Anda harus bayar ticket masuk Pantai Lamaru sejumlah Rp 2.000 per-orang. Bila Anda bawa kendaraan, maka dikenakan biaya sejumlah Rp 2.500 untuk beroda 2, Rp 5.000 untuk beroda 4 dan Rp 15.000 untuk bis.

Rimba Lindung Sungai Wain

Berikut rimba tropis yang belum disentuh tangan – tangan usil manusia yang berada di Balikpapan. Dengan luas rimba sejumlah 10 ribu Hektar, Rimba Lindung Sungai Wain ialah tempat pelindungan dari beberapa tipe satwa dan flora sangat jarang, seperti orangutan, beruang madu, bekantan, kantong semar, dan tumbuhan epidemik Balikpapan yang namanya Jahe Balikpapan.

Penangkaran Buaya Teritip

Berikut pusat penangkaran buaya di Kalimantan Timur, sebuah tempat di mana ada sekitaran 1.450 ekor buaya, dimulai dari buaya muara sampai dua spesies buaya yang hampir musnah, yaitu buaya air tawar dan buaya supit.

Penangkaran ini bekerja di atas tempat selebar 5 Hektar semenjak tahun 1991. Aktivitas sangat menarik pada tempat ini ialah memberikan makan buaya – buaya itu. Tetapi, Anda harus bayar sejumlah Rp 10.000 untuk seekor ayam hidup yang hendak jadi makanan untuk buaya.

Tahukah Anda, pada tempat ini Anda bahkan juga bisa nikmati hidangan sate buaya yang dipasarkan pada harga Rp 3.000 per tusuk. Sate daging buaya dipercayai mempunyai manfaat untuk kesehatan. Tidak kurang juga, Anda bisa beli kenang-kenangan berupa buaya dan bermacam masakan inovatif dari kulit buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan tali arloji pada tempat ini.